Kamis, 25 Desember 2014

Pentingnya Penguasaan Teknologi Informasi di bidang Keahlian Akuntansi


Di Era Globalisasi ini, tak bisa dipungkiri dengan semakin berkembangnya Ilmu Teknologi terutama pada bidang Informasi. Teknologi Informasi merupakan untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
sistem informasi akuntansi (SIA) itu sendiri adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai metode dan prosedur untuk mengumpulkan mengklarifikasikan, mengoperasikan dan melaporkan informasi dalam sebuah bisnis. Lebih singkatnya SIA merupakan sistem informasi yang menangani semua tugas-tugas dari akuntansi.
 
SIA mempunyai fungsi penting dalam sebuah organisasi diantaranya adalah pertama untuk mengumpulkan dan menyimpan data tentang sebuah aktifitas dan juga transaksi, kedua memproses data menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan dan yang ketiga untuk melakukan asset diperusahaan secara tepat.
 
Jadi, penguasaan Teknologi Informasi itu sangat penting di bidang Akuntansi, karena keduanya memiliki hubungan yang erat. Teknologi Informasi dapat meringankan para akuntan dalam melaksanakan pekerjaannya, karena tidak perlu lagi bersusah payah membuat sebuah laporan keuangan diatas kertas putih dengan garis-garis, yang harus melewati beberapa tahap yang cukup panjang hingga menuntaskan laporan keuangan tersebut. Dengan adanya Teknologi Informasi, pekerjaan para akuntan tersebut dapat terselesaikan dengan deadline yang telah ditentukan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar